Saturday, April 26, 2008

refleksi pribadi claudia (5)

PIC_0576.JPGKeadaan Bapak Mustain dan Ibu Nisa, memang tidak seberuntung dibandingkan dengan perantau lainnya, namun dengan keadaan ini saja, mereka sudah cukup bersyukur. Dapat menyekolahkan anak mereka di kampungnya, serta mempunyai pendapatan yang mereka bilang ”alhamdulilah cukuplahh..”sudah membuat mereka dapat bertahan hidup di Jakarta yang keras ini. Dengan melihat keadaan mereka, membuat saya berpikir kembali, bahwa jaman sekarang ini ternyata sangat susah sekali untuk mendapatkan uang yang bisa untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Memang banyak sekali pekerjaan yang ada yang dapat kita pilih, tapi apakah itu dapat memenuhi segala kebutuhan kita?

Selain itu saya juga belajar untuk tidak menghambur-hamburkan uang, selama ini saya dengan mudahnya untuk membeli sesuatu dengan tidak berfikir dari mana orangtua saya mendapatkan uang tersebut. Ternyata sangatlah susah sekali untuk menghasilkan uang tersebut. Mendengar penghasilan yang Bapak Mustain dapatkan, saya menjadi bingung . Apa cukup dengan uang segitu dia hidup? Belum lagi ia harus membeli bahan-bahan untuk berjualan lagi. Tapi ternyata itu cukup, mereka hingga dapat menyekolahkan anak mereka di kampung.

Kegigihan dan semangat Pak Mustain dan Ibu Nisa lah yang dapt membuat mereka dapat bertahan hidup, namun itu semua tidak lepas dari campur tangan Tuhan yang selalu membimbing dan menyertai mereka.

Claudia XI IPS 2/5

No comments: