Sunday, April 27, 2008

Wawancara oleh Alda dan Jovi

Ibu Haji Komariah
Pekerjaan : tukang pijat keliling komplek


Sudah berapa lama bekerja jadi tukang pijat?
Sudah sejak tahun 2000 yang lalu. Lumayan menambah penghasilan keluarga.

Biasanya sekali pijat dibayar berapa?
Macam-macam, bisa Rp.10.000,- sampai dengan Rp.50.000,- tergantung kondisi keuangan orangnya. tapi saya sih tidak pernah mematok harga pasti.

Sehari bisa memijat berapa orang?
2 sampai 5orang. Kalau lebih, saya sudah kecapekan, mijat kan butuh energi banyak juga.

Apakah ibu memang ingin menjadi seorang pemijat?
Yah bisanya begini. Saya ga sekolah jadi tidak bisa bekerja di kantor-kantor gitu. Yah yang penting bisa nyari duit dengan halal.

Jadi Ibu bekerja ini untuk membantu bapak mencari nafkah atau mengisi waktu luang ibu saja?
Ya sebenarnya saya mau membantu cari uang bapak selagi saya bisa.

Memang bapak bekerja sebagai apa?
Bapak jadi kuli bangunan.

Kalau bapak sendiri sebagai kuli mendapat penghasilan berapa?
Kalau ada pekerjaan sih biasanya bapak bisa bawa pulang Rp.200.000,-.

Memang ibu punya anak berapa?
4 orang, yang 2 sudah kawin dan gak tinggal lagi sama saya. 2 anak yang paling bungsu masih tinggal sama saya.

Apakah dengan penghasilan yang ibu dapat dan bapak dapat cukup untuk kebutuhan keluarga sehari-hari?
Insyaallah sih cukup, setidaknya bisa nyekolahin dan ngasih makan anak-anak

Pernah merasa kekurangan gitu gak bu?
Yah itu sih sering ya, Cuma yaudah disyukurin aja apa yang udah bisa di dapet. Biasanya sih saya berusaha sehemat mungkin biar ga merasa kurang melulu.

No comments: