Friday, April 25, 2008

Wawancara dengan Seorang Barista



Tugas Religio : Etos Kerja

Dalam tugas wawancara ini, kami mewawancarai seorang barista di Starbucks.

Inilah hasil wawancara kami.

Nama anda?

- Paulina, saya berumur 24 tahun

Mengapa kakak memilih pekerjaan ini?

- Karena saya memang suka kopi dan saya juga ingin mengetahui lebih banyak tentang kopi. Lalu saya juga ingin belajar untuk menjadi Coffee master.

Apa itu Coffe master?

- Coffee master itu orang yang mengetahui segalanya tentang kopi. Kalo di sini (Starbucks) Coffee master itu yang pake celemek warna hitam.

Sudah berapa lama kakak bekerja di sini?

- Saya sudah bekerja dari tahun 2005, jadi kurang lebih 3 tahun.

Wah, cukup lama juga ya. Selama bekerja di sini ada suka-dukanya ga, Kak?

- Pastilah ada, tapi kalo saya sih banyak sukanya ya. Soalnya di sini kan yang kerja juga rata-rata seumuran. Dukanya yah paling kalo lagi jenuh banget ato bosen. Selebihnya sih suka.

Kalo lagi jenuh, kakak ngapain?

- Saya sih biasanya menyibukkan diri. Coba-coba belajar tentang mesin-mesin kopi yang saya belum begitu ngerti. Klo ga, nanya-nanya sama coffee master.

Kakak merasakan perbedaan ga antara sekolah dan bekerja?

- Jelas, beda banget. Bekerja untuk zaman sekarang lebih sulit ya. Lebih tidak dihargai. Kalo sekolah kan ga usah pusing sama masalah duit, nah sekarang harus cari duit sendiri.

Selama kakak bekerja 3 tahun ini, dapet fasilitas apa aja?

- Ga ada ya, paling kalo cewe-cewe yang full time. Pulangnya kan malem jadi ga ada kendaraan motor, disediain transport..

Jadi kakak kerjanya full time?

- Dulu iya, sekarang sih ngga. Soalnya saya nge-double job. Klo yang full time kan ga boleh double job, jadi saya ambil yang part time.

Perolehan untuk part time brapa kak?

- Dihitungnya per 4 jam, itu Rp 40.000,00. Jadi 1 jam ya Rp 10.000,00. Padahal klo di luar negeri dibayarnya gede banget.

Pekerjaan kakak yang kedua apa?

- Saya freelance fashion designer. Jadi saya design baju, trus orang-orang beli design saya.

Apa syarat bekerja di sini?

- S1. Tapi klo lagi kuliah juga gak apa-apa kayaknya. Dibilanginnya sih S1.

Jadi kakak lulusan S1?

- Oh ngga, saya college fashion designer. Dulu sih saya di-training dulu di office selama 2 minggu trus baru turun tangan langsung.

Oh begitu, menurut kakak di sini kopi apa yang paling digemari?

- Kalo yang biji kopinya, biji kopi ferona. Kalo untuk minumannya, frappucino. Karena bisa diminum semua umur, soalnya ga pahit.

Dibuat:

Alyssa /1

Yoelitta /28

No comments: