Monday, April 28, 2008

wawancara bersama Bapak Sardi, penjual masakan padang

Florence & Jeanne (FJ): Sudah berapa lama Bapak bekerja menjadi penjual nasi padang?
Bapak Sardi (S): Yah, kira-kira dari tahun 2003 yang lalu. Lumayan untuk ngasih makan istri dan anak-anak.

FJ: Biasanya dalam sehari dapat penghasilan berapa, Pak?
S: Wah, nggak tentu juga, Mbak. Tergantung lagi banyak yang beli atau nggak. Kalau lagi ramai pembeli sehari bisa sampai Rp 150.000,00. Tapi kalau lagi sepi saya pernah cuma dapat Rp 30.000,00.

FJ: Bapak tinggalnya dimana sekarang?
S: Nggak jauh dari sini, Mbak. Di gang seberang Gereja situ.

FJ: Rumah Bapak sudah jadi milik atau masih mengontrak, Pak?
S: Saya belum mampu beli rumah, Mbak. Rumahnya masih ngontrak. Buat makan sehari-hari aja udah pas-pasan, belom lagi buat biaya sekolah anak-anak.

FJ: Apakah Bapak memang ingin berjualan nasi padang seperti sekarang?
S: Tadinya sih saya ingin kerja kantoran, Mbak. Tapi saya hanya lulusan SD. Lulusan SD seperti saya mau kerja apa di kantoran? Jadi saya milih dagang aja, Mbak. Kalau dagang kan tiap hari pasti dapet uang, meskipun nggak banyak. Yang penting saya bisa ngasih makan istri dan anak-anak saya, dan yang penting halal, Mbak.

FJ: Oh, begitu ya Pak. Kalau makanan yang dijual disini siapa yang memasak, Pak?
S: Yang memasak makanan disini istri saya, Mbak. Kebetulan istri saya memang orang Padang, jadi lumayan enak kalau bikin masakan Padang.

FJ: Apa karena itu Bapak memilih berjualan nasi padang ya, Pak?
S: Iya, Mbak. Selain itu saya liat disini belum ada yang jualan nasi padang, jadi saya milih jualan nasi padang.

FJ: Kalau istri Bapak bekerja juga atau tidak, Pak?
S: Istri saya setiap hari jadi tukang cuci rumahan, Mbak. Tiap hari dia nyuci di rumah orang-orang. Lumayan buat nambah penghasilan keluarga saya.

FJ: Penghasilan istri Bapak biasanya berapa ya?
S: Kalo istri saya dibayarnya tiap bulan, Mbak. Dari 1 rumah kira-kira dia dapet sekitar Rp 100.000,00-an. Dia kerja di 3 rumah.

FJ: Kalau boleh tahu anak Bapak ada berapa ya?
S: Anak saya ada 4 orang, yang 1 sudah kawin, dan yang 3 masih tinggal sama saya dan istri.

FJ: Apakah dengan penghasilan Bapak dan Ibu dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari?
S: Yah, Alhamdullilah selama ini saya masih bisa ngasih makan anak-anak dan nyekolahin anak-anak, Mbak. Yang satu masih SMA dan yang dua lagi masih SD.

FJ: Apakah Bapak pernah merasa kekurangan dengan penghasilan Bapak?
S: Kadang-kadang saya ngerasa kekurangan, Mbak. Tapi yah saya usahain dicukup-cukupin. Kalo ngerasa nggak cukup melulu susah juga. Abisnya mau gimana lagi, emang udah nasib begini.

FJ: Kalau begitu terima kasih atas waktunya, Pak.
S: Sama-sama, Mbak.

Begitulah wawancara kami dengan Bapak Sardi, seorang yang sangat sederhana namun tetap gigih dalam menjalani hidup.

No comments: